Mengatasi Obesitas Dengan Minum 2 Gelas Air Putih Sebelum Makan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Apakah Obesitas Itu?

Obesitas atau kegemukan adalah kondisi tubuh kelebihan lemak yang berdampak dapat merugikan kesehatan atau dapat meningkatkan masalah kesehatan. Seseorang dikatakan mengalami obesitas jika indeks massa tubuhnya (IMT) yaitu ukuran yang diperoleh dari hasil pembagian berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter lebih dari 30 kg / m2. Ukuran berat badan yang ideal adalah tinggi badan yang diukur dalam meter dikurangi dengan 110 cm.  

Mengapa Terjadi Obesitas?

Terjadinya obesitas dapatdisebabkan oleh beberapa factor. Antara lain factor Genetik atau keturunan, factor pola makan, dan factor psikis. Secara ilmiah penyebab obesitas adalah jika kandungan kalori pada makanan yang dimakan terlalu berlebihan. Akibatnya sari-sari makanan yang berlebihan melebihi kebutuhan tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak tubuh. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus maka yang terjadi adalah penimbunan lemak yang makin lama-makin banyak sehingga terjadi obesitas. 
Secara teoritis ada 3 faktor yang menyebabkan terjadinya obesitas pada seseorang, antara lain:

1. Faktor keturunan

Penyebab obesitas cenderung dari factor keturunan. Menurut Penelitian factor keturunan memberi pengaruh 35 persen. Apalagi jika kedua orang tua adalah orang-orang yang gemuk atau obesitas, maka kemungkinan besar anaknya juga mempunyai potensi obesitas.

2. Faktor Makanan dan pola hidup

Seseorang yang mengalami obesitas kebanyakan suka ngemil. Pola hidup seseorang juga berpengaruh terhadap obesitas, misalnya Pola makan seseorang Lingkungan yang dimasuk yaitu perilaku/pola hidup seperti apa kualitas dan kuantitas makanan serta bagaimana seseorang beraktivitas. Jika genetik tidak dapat diubah, pola makan dan aktivitas dapat diubah jika ada kemauan dari seseorang untuk memperbaiki hidupnya.

3. Faktor psikis

Apa yang ada di dalam pikiran seseorang dapat mempengaruhi kebiasaan makannya. Banyak orang yang memberikan reaksi terhadap emosinya dengan makan. Salah satu bentuk gangguan emosi adalah persepsi diri yang negatif. Gangguan ini merupakan masalah yang serius pada banyak wanita muda yang menderita obesitas.

Ada 2 pola makan yang bisa menjadi penyebab obesitas yaitu makan dalam jumlah sangat banyak  dan makan di malam hari. Kedua pola makan ini biasanya dipicu oleh stres dan kekecewaan. Binge mirip dengan bulimia nervosa, dimana seseorang makan dalam jumlah sangat banyak, bedanya pada binge hal ini tidak diikuti dengan memuntahkan kembali apa yang telah dimakan. Sebagai akibatnya kalori yang dikonsumsi sangat banyak.

Bagamana Mencegah Obesitas?

Untuk mencegah terjadinya obesitas sebaiknya seseorang meminum air putih dua gelas sebelum makan, karena asupan air putih yang banyak dapat meningkatkan proses oksidasi atau pembakaran lemak alam tubuh. Menurut para ahli, minum 2 gelas sebelum makan dapat mencegah obesitas. Air memiliki fungsi yang penting dalam prose yang terjadi dalam tubuh manusia. Air berfungsi untuk pembentuk sel, pembentuk cairan tubuh, pengatur suhu badan, air sebagai pelarut, dan air berfungsi untuk pelumas persendian tubuh.
Tubuh yang kecukupan akan asupan air menjadi lebih segar dan bugar, kulit juga menjadi lebih lembab sehingga lebih sehat. Mengapa mengkonsumsi dua gelas air putih dapat mencegah obesitas? Karena air putih tidak mengandung kalori. Kebiasaan minum air putih 8 gelas setiap hari, maka kalori yang masuk hanya berasal dari makanan.

Air putih juga berfungsi untuk menggelontor racun tubuh. Air putih dapat melarutkan dan menghilangkan zat sampah dalam tubuh. Makanan yang kita konsumsi akan diolah melalui proses metabolisme, menjadi energi, asam amino, protein, dan ada sisa-sisanya. Nah, sisa-sisa ini bisa dikeluarkan dengan bantuan air. Kalau kurang minum, maka zat sampah tadi tidak keluar semua.



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak