Victor Goldschmidt - Pendiri Geokimia Modern dan Kimia Kristal

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

 Pendiri Geokimia Modern dan Kimia Kristal Victor Goldschmidt - Pendiri Geokimia Modern dan Kimia Kristal
Victor Moritz Goldschmidt
Lahir: 27 Januari 1888 Zürich, Swiss

Meninggal: 20 Maret 1947 (umur 59) Oslo, Norwegia

Bidang: Geokimia

Institusi: University of Oslo

Almamater: University of Oslo

Tesis: Die Kontaktmetamorphose im Kristianiagebiet dan Geologisch-petrographische Studien im Hochgebirge des südlichen Norwegens (1911)

Penasihat Doktor: Waldemar C. Brøgger

Mahasiswa doktoral: Brian Harold Mason

Dikenal untuk: Geokimia
Dipengaruhi: Alfred Edward Ringwood

Penghargaan: Foreign Member of the Royal Society, Elliott Cresson Medal (1903), Wollaston Medal (1944)
Victor Moritz Goldschmidt adalah mineralog yang dianggap (bersama-sama dengan Vladimir Vernadsky) sebagai pendiri geokimia modern dan kimia kristal, pengembang The Goldschmidt Classification of elements.


Awal kehidupan dan karir

Goldschmidt lahir 27 Januari 1888 di Zürich, Swiss. Orang tuanya adalah Yahudi, Heinrich Jacob Goldschmidt dan Amelie Koehne. Keluarga Goldschmidt datang ke Norwegia tahun 1901 ketika Heinrich Goldschmidt menjabat sebagai Profesor Kimia di Kristiania (Oslo).

Kontribusi penting pertama Goldschmidt adalah dalam bidang geologi dan mineralogi. Dua karya besar pertamanya adalah tesis dokternya Die Kontaktmetamorphose im Kristianiagebiet dan Geologisch-petrographische Studien im Hochgebirge des südlichen Norwegens.

Teori-teori baru

Serangkaian publikasi dengan judul Geochemische Verteilungsgesetze der Elemente (hukum geokimia distribusi elemen) [biasanya disebut sebagai awal geokimia, ilmu yang menggambarkan distribusi unsur-unsur kimia di alam.Dalam bukunya ia menciptakan istilah kontraksi lantanida. Geokimia tidak hanya sangat menginspirasi bidang mineralogi dan geologi tetapi juga teori kimia dan kristalografi. Pekerjaan Goldschmidt pada  jari-jari atom dan ion memiliki peranan penting dalam kristalografi.

Goldschmidt mengambil minat besar dalam aplikasi teknis ilmunya; pemanfaatan olivin untuk refraktori industri kembali kepadanya. Selama bertahun-tahun ia menjabatat sebagai kepala Komite Norwegia untuk Bahan Baku (Statens Råstoffkomité).
 Pendiri Geokimia Modern dan Kimia Kristal Victor Goldschmidt - Pendiri Geokimia Modern dan Kimia Kristal
Klasifikasi  tabel periodik oleh Goldschmidt
Medali

Victor Goldschmidt mendapat beasiswa pasca-doktor dari universitas pada usia 21 tahun tanpa melewati ujian biasa atau sederajat (1909). Ia mendapatkan gelar  dokter Norwegia ketika ia berusia 23 tahun (1911). Jenis gelar biasanya diperoleh pada usia 30 sampai 40 tahun, dan bahkan 50 tahun dan lebih tidak biasa.

Pada tahun 1912 Goldschmidt mendapat penghargaan paling terkemuka ilmiah Norwegia (Fridtjof Nansen belonning) untuk karyanya Die Kontaktmetamorphose im Kristianiagebiet. Pada tahun yang sama ia diangkat menjadi Docent (Associate Professor) dari Mineralogi dan petrografi di Universitas Oslo (dikenal pada waktu itu sebagai " Det Kongelige Frederiks Universitet ").

Pada tahun 1914 ia diterapkan untuk jabatan profesor di Stockholm. Pada tahun 1929 Goldschmidt dipanggil ke kursi mineralogi di Göttingen, tetapi ia harus meninggalkan posisi ini setelah Nazi berkuasa, dan dia kembali ke Oslo pada tahun 1935 Dari 1930-1933, Reinhold Mannkopff adalah asisten Goldschmidt di Göttingen.

Victor Goldschmidt meninggal pada 20 Maret 1947 (umur 59) di Oslo, Norwegia. (Sumber: Wikipedia)
Sumber https://blogpenemu.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak