Formasi 4-3-3 Permainan Sepak Bola

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Formais ini lebih fleksibel dan merupakan variasi formasi 4-2-4 dengan menarikn salah satu pemain depan ke posisi gelandang. Pertahanan hamper sama dengan formasi 4-2-4, perbedaanya pada formasi pertahanan dapat dukungan yang lebih baik dari tiga pemain lapangan tengah yang mengisi daerah depan area pertahanan. DEngan kombinasi ini, kedua pemain belakang full back  dan pemainlapangan tengah dapat melakukan terobosan. Biasanya ketiga penyerang melakukan tekanan terhadap pertahanan lawan dan harus memanfaatkan setiap kesempatan untuk mencetak gol. Pemain ini harus dapat membuka celah untuk pemain lainnya dengan jalan menyibukkan pemain belakang lawan.

Formasi 4-3-3 dapat digambarkan sebagai berikut:

Formais ini lebih fleksibel dan merupakan variasi formasi  Formasi  4-3-3 Permainan Sepak Bola













Cara melakukan formasi 4-3-3 adalah sebagai berikut:


  1. Dukungan pemain lapangan tengah menguntungkan bagi kesetabilan pertahanan .
  2. Pemain lapangan tengah dapat melakukan serangan yang tiba-tiba ke daerah pertahanan lawan.
  3. Pemain gelandang tengah berperan sebagai’Pengatur’ dalam membangun permainan, mengatur penyerangan, dan juga memperhatikan pertahanan.
  4. Dari ketiga penyerang diperlukan seorang komando yang dapat mengendalikan serangan, sehingga senantiasa membahayakan gawang lawan. Dia harus mampu menjalin kerja sama dan menytukan sesame penyerang.
  5. Disamping gerakan perorangan, seperti terobosan ke gari gawang lawan, cirri khusus formasi  4-3-3 adalah pertukaran posisi antar pemainyang sering dilakukan



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak