John William Strutt, 3rd Baron Rayleigh - Penemu Argon

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

 sebuah prestasi yang membuatnya meraih Hadiah Nobel Fisika pada tahun  John William Strutt, 3rd Baron Rayleigh - Penemu Argon
Lord Rayleigh
John William Strutt, 3rd Baron Rayleigh
Lahir: 12 November 1842 di Langford Grove, Maldon, Essex, Inggris

Meninggal: 30 Juni 1919 (umur 76) Terling Place, Witham, Essex, Inggris

Kebangsaan: Inggris

Bidang: Fisika

Lembaga: University of Cambridge

Almamater: University of Cambridge
Penasehat akademik: Edward John Routh

Siswa Terkemuka: JJ Thomson, George Paget Thomson, Jagdish Chandra Bose

Dikenal dalam: Penemuan argon, Gelombang Rayleigh, Hamburan Rayleigh, Kriteria Rayleigh, Teori Duplex, Teori Suara, Aliran Rayleigh, Persamaan Rayleigh-Plesset, Rayleigh-Taylor ketidakstabilan (Discovery of argon, Rayleigh waves, Rayleigh scattering, Rayleigh criterion, Duplex Theory, Theory of Sound, Rayleigh flow)

Penghargaan: 1865 Hadiah Smith, 1882 Royal Medal, 1899 Copley Medal, 1890 De Morgan Medal, 1904 Hadiah Nobel untuk Fisika, 1905 Albert Medal, 1913 Elliott Cresson Medal, 1914 Rumford Medal
John William Strutt, 3rd Baron Rayleigh adalah seorang fisikawan Inggris. Bersama dengan William Ramsay menemukan argon, sebuah prestasi yang membuatnya meraih Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1904. Dia juga menemukan fenomena yang sekarang disebut hamburan Rayleigh, yang dapat digunakan untuk menjelaskan mengapa langit berwarna biru, dan memperkirakan keberadaan gelombang permukaan yang sekarang dikenal sebagai gelombang Rayleigh. Buku Rayleigh 'The Theory of Sound', masih digunakan oleh para insinyur akustik sampai saat ini.


Biografi

John William Strutt, 3rd Baron Rayleigh lahir di Langford Grove, Maldon, Essex, Inggris pada 12 November 1842. Pada awal hidupnya ia menderita kelemahan dan kesehatan yang buruk. Ia belajar di Sekolah Harrow, sebelum melanjutkan ke Universitas Cambridge pada tahun 1861, ia belajar matematika di Trinity College . Ia memperoleh gelar Bachelor of Arts pada tahun 1865, dan Master of Arts pada tahun 1868. Ia kemudian dipilih untuk sebuah Fellowship of Trinity. Ia menikah pada tahun 1871 dengan Evelyn Balfour, putri James Maitland Balfour dan memiliki tiga anak. Pada tahun 1873 saat kematian ayahnya, John Strutt 2 Baron Rayleigh, diwarisi Barony Rayleigh.

John William Strutt, 3rd Baron Rayleigh adalah Cavendish kedua Profesor Fisika di Universitas Cambridge (mengikuti James Clerk Maxwell ), dari tahun 1879 sampai tahun 1884. Dia pertama kali menggambarkan lonjakan dinamis oleh burung laut pada tahun 1883, dalam jurnal British Nature . Dari 1887-1905 ia adalah Profesor Filsafat Alam di Cambridge.

Sekitar tahun 1900 Lord Rayleigh mengembangkan duplex (kombinasi dari dua) teori lokalisasi suara manusia menggunakan dua isyarat binaural, fase perbedaan interaural (IPD) dan tingkat perbedaan interaural (ILD) (berdasarkan analisis kepala bulat tanpa eksternal pinnae). Teori ini berpendapat bahwa kita menggunakan dua isyarat utama untuk suara lateralisasi, menggunakan perbedaan dalam fase komponen sinusoidal suara dan perbedaan amplitudo (level) antara kedua telinga.

Lord Rayleigh terpilih dalam Fellow dari Royal Society pada 12 Juni 1873, dan menjabat sebagai presiden Royal Society dari 1905 sampai 1908. Dari waktu ke waktu Lord Rayleigh berpartisipasi dalam House of Lords ; Namun, ia berbicara hanya jika politik berusaha untuk terlibat dalam ilmu pengetahuan. Dia meninggal pada 30 Juni 1919, di Witham, Essex.

Pada tahun 1877-1878, dia mempublikasikan Teori Suara. Selama hidupnya, Rayleigh telah menulis 466 artikel ilmiah. Di bidang akustik, dia mempelajri tentang hamburan (hamburan Rayleigh) batasan difraksi, gelombang permukaan, fenomena resonansi, timbal balik, gaya radiasi, kavitasi, relaksasi, dan persepsi dwirungu (binaural perception). Dia meraih nobel dalam bidang fisika pada tahun 1904 atas penemuan gas argon dan kontribusinya dalam kemajuan sains.


Prestasi dan penghargaan

Kawah di Mars dan Bulan dinamai dengan namanya untuk menghormatinya serta jenis gelombang permukaan yang dikenal sebagai gelombang Rayleigh. The asteroid 22740 Rayleigh telah dinamai untuk menghormatinya pada tanggal 1 Juni 2007. The Rayl, sebuah unit dari impedansi akustik, adalah nama untuk dia.
  • Hadiah Smith (1864)
  • Royal Medal (1882)
  • Matteucci Medal (1894)
  • Anggota Royal Swedish Academy of Sciences (1897)
  • Copley Medal (1899)
  • Order of Merit (1902)
  • Hadiah Nobel untuk Fisika (1904)
  • Elliott Cresson Medal (1913)
  • Rumford Medal (1914)
Sumber: Wikipedia

Sumber https://blogpenemu.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak