Latihan Loncat Indah

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Pengertian Loncat Indah

Loncat indah atau Diving  adalah cabang olah raga yang menyerupai akrobatik udara di atas permukaan air. Loncatan biasanya dilakukan dari papan plat atau pring board kemudian melakukan berbagai macam gaya sebelum terjun ke air. Loncat indah tergolong olah raga yang berat sebab memerlukan pengembangan otot yang kuat dan mampu mengatur waktu sedemikian rupa pada saat berada di udara.

Latihan Loncat Indah

Pertama-tama  yang dilalukukan untuk latihan loncat indah adalah terjun dan loncat secara sederhana.  Cara ini baik untuk salah satu alat pendidikan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan menghilangkan rasa takut. Terjun dan loncat secara sederhana dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

a. Terjun (berjongkok)

Cara ini dapat dilakukan dari tepi kolam yang dangkal dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Kedua telapak kaki direnggangkan sedikit. Dengan kedua ibu jari melewati tepi kolam supaya tolakan tidak meleset. Badan dirundukkan,  kedua lengan diluruskan mengarah ke bawah menuju jarak 2 meter dari tepi kolam. Kedua ibu jari tangan saling bertindihan. Kepala ditundukkan diantara kedua lengan dan melihat dibagian perut. Keseimbangan dijaga sehingga berat  badan badan berada di depan. Dari sikap ini badan dijatuhkan ke depan dan lutut diluruskan pada saat bersamaan.

b. Terjun (berdiri berlutut satu kaki)

Posisi badan, lengan dan kepala sama dengan sikap berjongkok. Pantat harus diangkat, supaya titik berat badan terletak di depan. Cara terjunnya sama dengan sikap berjongkok.

c. Terjun (berdiri dengan sikap badan, lengan, dan kepala sejajar)

Sikap permulaan adalah dengan berdiri pada kedua kaki, kedua telapak kaki agak dijauhkan, ibu jari kaki melewati tepi kolam. Lutut agak ditekuk supaya mempunyai kekuatan bertolak. Sikap badan, lengan, dan kepala sama seperti terjun berlutut, demikian pula cara melakukannya.

d. Terjun (sikap start)

Sikap permulaan adalah dengan meletakkan kaki seperti sikap terjun berdiri. Kedua lengan diluruskan ke belakang, badan dan kepala agak diangkat. Terjun dilakukan dengan kedua lengan diayunkan dari belakang. Kepala ditundukkan sehingga berada diantara kedua lengan dan melihat kearah lutut . kedua kaki diluruskan. Semua gerakan ini dilakukan dengan waktu yang bersamaan.

Latihan terjun di atas dapat dilakukan dengan dari papan loncatan setinggi 1 sampai 3 meter.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak