APLIKASI BIMBINGAN DAN KONSELING

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama



Dalam penyusunan program bimbingan dan konseling selalu diawali dengan analisis kebutuhan peserta didik. Untuk mengetahui kebutuhan peserta didik ( need assesment ) tersebut, biasanya dilakukan dengan menggunakan suatu instrumen baik tes maupun non tes.

Instrumen yang telah dikembangkan di lapangan  antara lain : Sosiometri, Inventori Tugas Perkembangan (ITP), Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Siswa (IKMS), Daftar Cek Masalah (DCM), atau Angket Kebutuhan Materi Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Hasil need assessment tersebut sebagai dasar penyusunan program pelayanan bimbingan dan konseling. Dengan sedikit penjelasan di bawah ini :

1. SOSIOMETRI
Dalam penyusunan program bimbingan dan konseling selalu diawali dengan analisis kebutuhan  APLIKASI BIMBINGAN DAN KONSELING
Aplikasi hubungan sosioal ini sangat membantu Guru BK/ Konselor dalam menentukan kelompok belajar di kelas tertentu. Dengan aplikasi ini kinerja Guru BK/ Konselor bisa dikatakan akan sangat terbabtu guna berkolaborasi dengan Guru mapel dalam membuat kelompok tugas mapel. Karena dengan aplikasi ini akan bisa melihat siswa yang diterima, ditolak, dan sama-sama menolak dan menerima.

- Silahkan baca selengkapnya dan Unduh filenya

2. ITP

Aplikasi ini membantu Guru BK/ Konselor sekolah untuk menentukan need assesment sebelum membuat program kerja sekolah. 
Sebagai fungsi intinya, aplikasi ini untuk membantu Guru BK/ Konselor dalam membantu siswa mengatasi masalahnya.
Silahkan baca selengkapnya dan Unduh filenya

3. IKMS

Aplikasi ini membantu Guru BK/ Konselor sekolah untuk menentukan need assesment sebelum membuat program kerja sekolah. Sebagai fungsi intinya, aplikasi ini untuk membantu Guru BK/ Konselor dalam membantu siswa mengatasi masalahnya.
Silahkan baca selengkapnya dan Unduh filenya

4. DCM

Aplikasi ini membantu Guru BK/ Konselor sekolah untuk menentukan need assesment sebelum membuat program kerja sekolah. Sebagai fungsi intinya, aplikasi ini untuk membantu Guru BK/ Konselor dalam membantu siswa mengatasi masalahnya.
Silahkan baca selengkapnya dan Unduh filenya

Semoga dengan aplikasi ini, kerja Guru BK/ Konselor menjadi lebih maksimal dalam membantu siswa/siswi yang terkait 4 bidang : Pribadi, Sosial, Belajar, Karir.

Wassalamualaikum wr.wb

Sumber https://www.maribelajarbk.web.id/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak