Bagaimana Zaman Es Terjadi di Bumi?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Pernahkah kalian nonton film Ice Age yang bercerita tentang sekawanan mahluk purba yang berkelana di zaman es?. Lalu bagaimanakah sebetulnya zaman es tersebut dan apakah memang pernah terjadi?. Saya akan berikan sedikit penjelasan mengenai zaman tersebut. Zaman es merupakan salah satu bagian sejarah bumi simana pada masa itu lautan es menutupi sebagian besar permukaan bumi dan pendinginan di atmosfer secara drastis terjadi. 

Bumi telah terbentuk selama kurang lebih 4,6 milyar tahun yang lalu dan selama itu telah mengalami beberapa zaman es dan asing-masing berlangsung selama puluhan juta tahun. Hal tersebut berkisar antara 15 sampai 20 persen dari sejarah planet ini. Lapisan es ini menyelimuti permukaan bumi sampai 30 persen dari yang pada awalnya hanya 10 persen.
Zaman es terakhir adalah Pleistosen yang berlangsung antara 1,6 juta sampai 10 ribu tahun yang lalu. Selam kurun waktu tersebut 20 kali glasiasi (lapisan es meningkat) terjadi dan diikuti oleh periode interglasial (periode es menyusut). Glasiasi terbaru adalah di Amerika Utara yang disebut Wisconsin galasiasi yang berlangsung antara 115.000 sampai 10.000 tahun yang lalu. Cuaca dan iklim pada masa itu jauh berbeda dari apa yang terjadi sekarang yaitu 15 derajat lebih dingin. 

Selama zaman es berlangsung, perubahan geologi banyak terjadi dari mulai perubahan bentuk tanah sampai penurunan permukaan air laut. Air membeku dan mengendap selam zaman es terjadi. Hal ini menyebabkan permukaan laut di seluruh dunia turun sekitar 150 m di bawah permukaan laut saat ini. Ketika proses ini terjadi, air laut dangkal menutupi paparan benua dan tanah di beberapa daerah menjadi beku dan membentuk lapisan es. Ketika gletser turun drastis menyebabakan terjadinya redistribusi sungai dan danau.
Aktivitas glasial pada masa lalu dapat memprediksi zaman es di masa yang akan datang. Para ilmuwan telah memiliki bukti bahwa zaman es dan intergalsial pasti terjadi di bumi namun periodenya berbeda. Begitulah siklus kehidupan di bumi berlangsung dan hal tersebut demi menjaga kesimbangan bumi itu sendiri.

Peta zaman es Pleistosein
Periode glasial dan integlasial di bumi
Sumber dan Gambar:
disini
Encarta Premium. 

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak