Contoh Organisasi Kerjasama Antar Negara (ASEAN, OPEC, LIGA ARAB, OECD, UNI EROPA, G8, G20,)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Di dunia saat ini terdapat
ratusan negara yang tersebar di berbagai benua. Menurut
data Perserikatan Bangsa-Bangsa terakhir saat ini terdapat 193 negara yang diakui keanggotaannya dalam PBB. Negara-negara di bumi ini memiliki perkembangannya masing-masing karena berbagai faktor seperti lokasi, sumberdaya, budaya, sifat manusianya dan banyak lagi. Negara-negara yang memiliki kesamaan dalam berbagai hal seperti tujuan, visi  atau region akan membentuk suatu kerjasama-kerjasama yang tujuannya tidak lain untuk mendorong dan meningkatkan kejayaan dan hegemoni negera tersebut di dunia. Kerjasama negara tersebut tentunya sebagai ajang pamer kekuatan negara-negara tertentu di berbagai bidang. Berikut ini contoh kerjasama-kerjasama antar negara di dunia:
1. ASEAN
ASEAN merupakan singkatan dari Association of South East Asian Nations dan dibentuk pada 6 Agustus 1967 di Bangkok Thailand. ASEAN merupakan organisasi kerjasama negara-negara di wilayah Asia Tenggara. Berdirinya ASEAN diprakarsai oleh lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Filipina. Gedung sekretariat ASEAN berlokasi di Jakarta dan keanggotaan ASEAN saat ini berjumlah 11 negara yaitu 5 negara pendiri ditambah 6 negara yang bergabung yaitu Myanmar, Laos, Brunei, Kamboja, Vietnam dan Timor Leste. Di Tahun 2015 program ASEAN Community akan digulir untuk meningkatkan daya saing produk ASEAN di mata dunia.
2. OPEC
OPEC adalah singkatan dari Organization of The Petroleum Exporting Countries dan dibentuk pada tahun 1960 di Baghdad. Negara awal anggota OPEC adalah Venezuela, Iran, Irak, Kuwait, Arab Saudi. Tujuan dari dibentuknya organisasi ini adalah untuk melindungi kepentingan negara-negara penghasil minyak agar tidak terjadi persaingan tidak sehat diantara negara-negara tersebut. Indonesia sempat menjadi anggota OPEC namun keluar pada tahun 2008. Anggota OPEC saat ini adalah Venezuela, Aljazair, Angola, Arab Saudi, Ekuador, Iran, Irak , Kuwait, Libya, Nigeria, Qatar dan UEA.
3. LIGA ARAB
Liga Arab merupakan organisasi negara-negara Timur Tengah dan didirikan pada 1945. Tujuan dari didirikannya organisasi ini adalah untuk mempererat kerjasama antara negara dan kedaulatan di semenanjung Arab. LigaArab juga didirikan untuk menengahi konflik-konflik yang terjadi di negara-negara Timur Tengah seperti Israel dan Palestina. Kantor Liga arab terletak di Kairo Mesir. Hingga saat ini Liga arab terdiri dari 22 anggota kecuali Iran.
4. OECD
OECD adalah singkatan dari Organization for Economic Cooperation and Development merupakan organisasi negara-negara penganut pasar bebas. Tujuan dari didirikannya organisasi ini adalah untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bidang-bidang kehiupdan negara seperti ekonomi, politik, pendidikan dan lainnya.Organisasi ini pada awalnya didirikan untuk memulihkan Eropa setelah PD II namun saat ini anggotannya merambah negara non Eropa. Saat ini terdapat 30 anggota penuh OECD dan akan terus bertambah termasuk Indonesia yang merencanakan bergabung.
5. UNI EROPA (European Union)
Uni Eropa merupakan organisasi kerjasama negara-negara Eropa yang pada awalnya didirikan untuk mengakhiri konflik antar negara tetangga selama perang dunia II. Awalnya organisasi ini diprakarsai oleh 6 negara yaitu Belanda, Belgia, Perancis, Jerman Barat, Italia dan Luxemburg dengan nama European Coal and Steel Community (ECSC). Uni Eropa sekarang terdiri dari 27 negara dan terus tumbuh berkembang menjadi satu kekuatan di eropa bahkan dunia. Mata uang negara uni eropa adalah Euro.
6. G8
G8 merupakan sebuah sebutan untuk negara-negara industri raksasa di dunia. Setiap tahun anggota negara ini melakukan pertemuan untuk mendiskusikan agenda-agenda kedepan dari negara tersebut. Pertemuan tahunan dilaksanakan secara bergiliran di setiap negara anggota. Anggota G8 hingga saat ini adalah AS, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Perancis, Rusia dan Kanada. Sekilas organisasi ini mencerminkan negara-negara yang memiliki kekuatan terbesar di dunia saat ini di berbagai bidang mulai dari ekonomi, politik, keamanan dan lainnya.
7. G20
G20 merupakan sebutan untuk negara-negara yang memiliki perkembangan ekonomi terbesar di dunia dan dibentuk pada tahun 1999. G 20 adalah forum negara-negara yang didalamnya membahas konsultasi seputar kebijakan moneter negara masing-masing. Indonesia masuk salah satu negara G20 saat ini karena perkembangan ekonomi yang cenderung naik.


Uni Eropa


Sumber dan Gambar:

BSE Geografi XII
Kemenlu
disini
Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak