Latihan Dasar Heading Permainan Sepak Bola

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Heading dalam permainan sepak bola adalah menyundul bola dengan menggunakan kepala. Ada beberapa tujuan seorang pemain melakukan heading. (1) Memasukkan bola ke gawang lawan, (2) Mengoper bola kepada teman satu regu, (3) Menghentikan bola untuk dikontrol atau dimainkan sendiri. 

Pokok bahasan kali ini adalah latihan menyundul bola untuk dimasukkan ke gawang lawan. Cara melakukan latihan adalah sebagai berikut:
  1. Berdirilah kira-kira 7 sampai 10 meter di depan gawang, atau agak ke samping gawang, dimana anda dapat memasukkan bola dengan mudah.
  2. Siapkan bola sepak sebanyak 3 atau lebih banyak lebih baik, agar anda dapat melakukan berulang-ulang tanpa harus sering mengambil bola. 
  3. Mintalah bantuan kepada seorang teman untuk bertindak sebagai pelatih dengan mengoper bola atas kepada anda.
  4. Bola dapat dioper dengan menggunakan tendangan kaki atau dioper dengan tangan.
  5. Sundulah dengan menggunakan dahi setiap kali bola dioper kepada anda. arahkan bola ke dalam gawang sampai bola masuk ke dalam gawang.
  6. Lakukan latihan berulang-ulang sampai anda benar-benar hafal dan terampil menyundul bola.
 Heading dalam permainan sepak bola adalah menyundul bola dengan menggunakan kepala Latihan Dasar Heading Permainan Sepak Bola


Sebelum melakukan latihan heading, ada baiknya jika anda mengetahui terlebuh dahulu beberapa macam teknik menyundul bola. Ada beberapa macam tehnik sundulan (heading)  dalam permainan sepak bola. Antara lain:

1.    Sundulan ke bawah
Ketika menyundul bola ke gawang, anda harus menjaga bola agar tetap mengarah ke bawah untuk mempersulit penjaga gawang menghadangnya, supaya bola mengarah ke bawah saat menyundulnya, anda harus lebih tinggi dari bola untuk menyundul bagian atasnya, kemudian menandukkan kepala anda ke bawah dengan kencang saat menyentuhnya

2.    Sundulan sambil menjatuhkan diri

Lakukan sundulan ini dengan kekuatan penuh sehingga jalannya bola lebih cepat dan sulit ditangkap. Jaga agar mata anda tetap tertuju pada bola, lalu jatuhkan diri ke depan, sambil membiarkan kaki terangkat dari tanah. Arahkan bola kekiri atau kekanan dengan memutar kepala sewaktu anda mengenai bola. Pada saat anda jatuh ke tanah cobalah untuk melemaskan tubuh agar tidak sakit

3.    Mengontrol sundulan

Gunakan sundulan yang bertujuan untuk menahan bola untuk meredam jika anda ingin melakukan gerakan selanjutnya sendiri dan tidak ingin mengopernya. Jangan terlalu mencondongkan badan saat bola menghampiri, tetap santai pada saat menahan bola, jaga posisi anda saat menerima bola. Tekuk lutut dan condongkan sedikit punggung anda, dorong bola ke depan pelan-pelan sehingga bola jatuh dan mendarat tidak jauh dari kaki anda

Teknik Melakukan Jump Heading

Teknik Dasar Menyundul (heading) Bola
Menguasai bola dengan menggunakan kepala sangatlah tidak mudah, karena itu berlatih sampai anda yakin dengan teknik sundulan anda. Hal yang utama yang perlu diingat adalah menjaga mata agar tetap terbuka dan menggunakkan dahi, bukan bagian atas kepala.
Berikan penjelasan teknik dasar menyundul (heading) bola (Harvey, 2003) :
1. Berdiri sejajar dengan bola, dengan satu kaki didepan kaki yang lain, tekuk lutut dan punggung agak condong kebelakang.
2. Saat bola dating mendekat, usahakan mata anda tetap terbuka, tetap santai pada menit-menit terakhir.
3. Sudullah bola dengan dahi. Jika anda menggunakan bagian kepala yang lain, maka akan terasa sakit.
4.Doronglah bola menjauh sambil mengencangkan otot leher, sehingga kepala dapa mengarahkan bola tersebut kearah yang diinginkan.

E. Macam-macam Teknik sundulan (heading) dalam Permainan Sepak Bola
Menggunakan sundulan (heading) untuk menyerang atau untuk mencatak goal merupakan satu moment yang paling mengasyikkan dalam permainan sepak bola. Hal ini sering berarti memanfaatkan peluang-peluang kecil, jadi harus berani mengambil resiko dan sungguh-sungguh menyambar atau menyundul bolanya. Ada beberapa macam teknik sundulan atau heading dalam permainan sepak bola.

1. Sundulan ke bawah

Ketika menyundul bola kegawang, anda harus menjaga bola agar tetap mengarah kebawah untuk mempersulit penjaga gawang menghadangnya, supaya bola mengarah kebawah saat menyundulnya, anda harus lebih tinggi dari bola untuk menyundul bagian atasnya, kemudian menundukkan kepala anda kebawah dengan kencang saat menyentuhnya.

2. Sundulan sambil menjatuhkan diri

Lakukan sundulan ini dengan kekuatan penuh sehingga jalannya bola lebih cepat dan sulit di tangkap. Juga agar mata anda tetap tertuju pada bola. Lalu jatuhkan diri kedepan sambil membiarkan kaki terangkat dari tanah. Arahkan bola kekiri atau kekanan dengan memutar kepala sewaktu anda berdiri diantara gawang dan tanda B berlari memutari tanda, sementara A melemparkan bola kepadanya. B harus berlari cepat mengejar bola dan menyundul kearah gawang. A harus mengubah-ubah ketinggian bola agar bisa mencoba bermacam-macam sundulan yang berbeda. Para pemain bergantian setelah supuluh kali sundulan.

cara melakukanya adalah
  1. P1 melakukan lari kecil kemudian lari ke cons2
  2. P2 betugas melempar bola ke arah cons2 
  3. P1 menyongsong dan melakukan heading, dan dilakukan berulang-
  4. ulangTiga Pemain Atau Lebih Dengan Satu Bola
cara melakukannya adalah: 
  1. P5 melempar bola kearah P1,P2,P3,PXP1 melakukan heading dan setelah itu kembali ke urutan paling belakang. Diikuti pemain selanjutnya.
  2. Sepuluh Pemain 5 Bola Atau Kelipatannya 



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak