Latihan Dasar Senam Poco-Poco

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Tujuan senam poco-poco adalah agar badan menjadi sehat. Ada tiga tahap yangdilakukan dalam melaksanakan senam poco-poco agar mendapat manfaat yang maksimal bagi kesehatan tubuh.

1. Gerakan Pemanasan

Sebelum melakukan senam poco-poco sebaiknya lakukan gerakan pemanasan seperti berjalan atau berjoging selama 5 menit. Agar tubuh menjadi hangat dan persendian menjadi lemas.

2.  Gerakan Inti

Lakukan gerakan inti senam poco-poco selama 30 – 40 menit. Selama melakukan senam poco-poco badan mengeluarkan energy sehingga memberikan kesegaran bagi tubuh. Hendaknya senam poco-poco dilakukan dengan riang gembira agar dapat mengubah dan menghibur suasana hati

3. Gerakan Pendinginan

Ini dilakukan pada akhir sesi setelah melakukan olah raga inti yaitu senam poco-poco. Gerakan penutup sebagai pendinginan dapat anda lakukan sebagai berikut:

Lakukan gerakan dengan pelan dan rileks seperti mengibas-ngibaskan kedua tangan
Rilekskan kaki yang dilakukan dengan menendang-nendang kaki kea rah depan
Melakukan pernapasan dengan mengambil napas dari hidung, kemudian membuskan melalui mulut. Hal ini lakukan sedikitnya 8 X 2.

Gerakan Senam Poco-poco

1. Gerakan Pertama Hitunga  ke 1 – 8, Ke 1 – 6

 Ada tiga tahap yangdilakukan dalam melaksanakan senam poco Latihan Dasar Senam Poco-Poco


  • Hitungan Ke-1 ke-8. Melangkah 2 kali ke kanan dan pada hitungan ke-4 tepuk tangan satu kali. Selanjutnya melangkah dua kali ke kiri dan pada saat hitungan ke delapan tepuk tangan 1 kali
  • Hitungan ke-1 – ke-6. Pada hitungan ke-1 sampai ke-4 melangkah 2 kali serong ke kanan belakang dan pada saat hitungan ke-4 tepuk tangan. Selanjutnya, pada hitungan ke-5 melangkah kea rah  kiri serta pada hitungan ke-6 memutar badan hadap kea rah kiri

2. Hitungan ke-1 sampai ke-8, ke-1 sampai ke-2

 Ada tiga tahap yangdilakukan dalam melaksanakan senam poco Latihan Dasar Senam Poco-Poco



  • Hitungan ke-1 sampai ke-8. Mengulang gerakan  ke-1 sampai ke-8 pertama
  • Hitungan ke-1 sampai ke-8. Pada hitungan ke-1 sampai ke-4 kaki kanan melangkah serong ke belakang kanan. hitungan ke-4 tepuk tangan. Pada hitungan ke-5 kaki kiri melangkah ke depan.pada hitungan ke-6 kaki kanan menutup ke kaki kiri diiringi ayunan ke 2 tangan ke atas. Pada hitungan ke-7 kaki kanan melangkah mundur dan pada hitungan ke-8 kaki kiri menutup ke kaki kanan diiringi ayunanke 2 tangan ke depan belakang.
  • Hitungan ke-1 sampai ke-2. Pada hitungan ke-1melangkah kea rah kiri. Pada hitungan ke-2 kaki kanan memutar badan mengahadap ke arah kiri

3. Hitungan ke-1 sampai ke-8, ke-1 sampai ke-8

 Ada tiga tahap yangdilakukan dalam melaksanakan senam poco Latihan Dasar Senam Poco-Poco


  • Hitungan ke-1 sampai ke-8 mengulangi gerakan ke-1 sampai ke-8 pertama.
  • Hitungan ke-1 sampai ke-8. Mengulang gerakan ke-1 sampai gerakan ke-1 sapai ke-4 ke-2. Pada hitungan ke-5 pinggul di goyang kedepan, pada hitungan ke-6 posisi kaki tetap hanya goyang pinggul ke belakang. Pada hitung ke-7 goyang pinggul ke depan lagi. Pada hitungan ke-8 badan di putar kearah kiri 

4. Hitungan ke-1 sampai ke-8, ke-1 sampai ke-8

 Ada tiga tahap yangdilakukan dalam melaksanakan senam poco Latihan Dasar Senam Poco-Poco


  • Hitungan ke-1 sampai ke-8 mengulangi gerakan ke-1 sampai ke-8 pertama.
  • Hitungan ke-1 sampai ke-8. Melangkah zig-zag melangkah mundur ke kanan pada hitungan ke-1 sampai ke-2, ke kiri pada hitungan ke-3 sampai ke-4, dan pada hitungan ke-5 kaki kanan melangkah ke kaki kanan. Pada hitungan ke-6 memutar badan 1800 menghadap ke belakang, pada hitungan ke-5 kaki kiri jatuhkan ke lantai dan pada hitungan ke-8 kaki kanan di tutup ke kaki kiri. 

5. Hitungan ke-1 sampai ke-8, ke-1 sampai ke-8, ke-1 sampai ke-8, ke-1 sampai ke-4

  • Hitungan ke-1 sampai ke-8. Gerakan sama dengan gerakan pada hitungan ke-2
  • Hitungan ke-1 sampai ke-8. Gerakan sama dengan gerakan pada hitungan ke-2
  • Hitungan ke-1 sampai ke-8. Gerakan sama dengan gerakan pada hitungan ke-1 sampai ke-8
  • Hitungan ke-1 sampai ke-4. Hitungan ke-1 sampai ke-3 sama dengan gerakan ke-3 goyang 3 kali dan pada hitungan ke-4. Badan memutar kearah kiri.

6. Hitungan ke-1 sampai ke-8, ke-1 sampai ke-8, ke-1 sampai ke-8, ke-1 sampai ke-8

  • Hitungan ke-1 sampai ke-8. Mengulangi gerakan ke-1 sampai ke-8 pertama
  • Hitungan ke-1 sampai ke-8. Hitungan ke-1 sampai ke-4 kaki kanan mundur dahulu, saat hitungan ke-4 kaki kiri di angkat dan di tekuk sambil tepuk tangan 1 kali. Pad hitungan ke-5 kaki yang di jatuhkan ke lantai, hitungan ke-6 kaki kanan menutup kaki kiri. Pada hitungan ke-7 kaki kanan membuka kesamping kanan dan hitungan ke-8 kaki kanan di tarik kembali
  • Hitungan ke-1 sampai ke-8. pada hitungan ke-1 sampai ke-4 kaki kanan melangkah mundur. Pada saat hitungan ke-4 kaki kiri di angkat sambil tepuk tangan1 kali. Pada hitungan ke-5 kaki kiri di jatuhkan ke lantai. Pada hitungan ke-6 kaki kanan menendang ke depan. Pada hitungan ke-7 sampai ke-8 kaki kanan di gerakkan cepat.
  • Hitungan ke-1 sampai ke-8. Pada hitungan ke-1 sampai ke-2 serong kanan, hitungan ke-3 ampai ke-4 serong kiri dan pada hitungan ke-5 sampai ke-6 serong kanan lagi. Pada hitungan ke-7 kaki kir serong kiri dan pada hitungan ke-8 memutar badan hadap kanan.



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak