Norman Haworth - Mensintesis Vitamin C Untuk Pertama Kalinya

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

 Mensintesis Vitamin C Untuk Pertama Kalinya Norman Haworth - Mensintesis Vitamin C Untuk Pertama Kalinya
Sir Walter Norman Haworth
Lahir: 19 March 1883 Chorley, Lancashire, Inggris

Meninggal: 19 Maret 1950 Barnt Green, Worcestershire, Inggris

Kebangsaan: Inggris

Bidang: Kimia organik

Institusi: University of St. Andrews, Durham University, University of Birmingham

Alma mater: University of Manchester, University of Göttingen

Pembimbing doktoral: William Henry Perkin, Jr., Otto Wallach

Dikenal karena: investigasi pada karbohidrat dan vitamin C
Penghargaan: Davy Medal (1934), Hadiah Nobel untuk Kimia (1937), Royal Medal (1942)
Sir (Walter) Norman Haworth adalah kimiawan Britania Raya (British) yang dikenal karena karya inovatifnya pada asam askorbat ( vitamin C ) saat bekerja di University of Birmingham. Dia menerima Penghargaan Nobel dalam Kimia tahun 1937  "untuk pemeriksaannya pada karbohidrat dan vitamin C ".

Haworth bekerja di luar struktur yang benar dari sejumlah gula, dan dikenal di kalangan ahli kimia organik untuk pengembangan dari proyeksi Haworth yang menerjemahkan struktur gula tiga dimensi ke dalam bentuk grafik yang mudah dua dimensi.

Pada 1912 Haworth menjadi dosen di United College of St. Andrews University di Skotlandia dan tertarik dalam kimia karbohidrat, yang diselidiki di Universitas St. Andrews oleh Thomas Purdie (1843-1916) dan James Irvine (1877-1952). Haworth memulai karyanya pada gula sederhana pada 1915 dan mengembangkan cara baru untuk membuat metil eter gula menggunakan metil sulfat dan alkali. Lalu ia mulai belajar pada ciri struktur disakarida.

Haworth mengatur laboratorium di St Andrews University untuk produksi bahan kimia dan obat-obatan selama PD I (1914-1918). Ia diangkat sebagai profesor kimi organik di University of Durham pada 1920. 3 tahun kemudian, ia menjadi Profesor Mason dalam Kimia di University of Birmingham.

Pada 1934, bekerja dengan kimiawan Inggris Sir Edmund Hirst, ia dapat mensintesis vitamin C untuk pertama kalinya.

Proyeksi Haworth, cara singkat menggambarkan struktur kimia dalam 3 dimensi dinamai menurut namanya.

Ia diberi gelar kebangsawanan pada 1948. Ia meninggal pada 19 Maret 1950, pada Daftar tokoh yang meninggal di hari ulang tahunnya yang ke-67.


Pendidikan

Setelah bekerja selama beberapa waktu, saat berusia empat belas tahun di pabrik lokal Ryland linoleum yang dikelola oleh ayahnya, ia mengenyam pendidikan dan berhasil lulus ujian masuk ke Universitas Manchester pada tahun 1903 untuk belajar kimia. Ia memperoleh gelar kehormatan di tahun 1906. Setelah memperoleh  gelar masternya di bawah  bimbingn William Henry Perkin, Jr. , ia dianugerahi Research Fellowship dari Royal Commission untuk Pameran tahun 1851 dan belajar di University of Göttingen mendapatkan PhD-nya, gelar di Otto Wallach laboratorium 's setelah hanya satu tahun studi. Sebuah gelar D.Sc. dari University of Manchester diikuti pada tahun 1911, setelah itu ia menjabat waktu singkat di Imperial College of Science dan Teknologi sebagai Demonstran Senior di Kimia.

Pada tahun 1912 Haworth menjadi dosen di United College of University of St Andrews di Skotlandia dan menjadi tertarik pada kimia karbohidrat, yang sedang diselidiki di St Andrews oleh Thomas Purdie (1843-1916) dan James Irvine (1877-1952). Haworth mulai karyanya pada gula sederhana pada tahun 1915 dan mengembangkan metode baru untuk pembuatan metil eter gula menggunakan metil sulfat dan alkali (sekarang disebut Haworth metilasi ). Dia kemudian mulai studi pada fitur struktural dari disakarida. Haworth diselenggarakan laboratorium di Universitas St Andrews untuk produksi bahan kimia dan obat-obatan untuk pemerintah Inggris selama Perang Dunia I (1914-1918).

Dia diangkat Profesor Kimia Organik di Armstrong College ( Newcastle upon Tyne ) dari Durham University pada tahun 1920. Tahun berikutnya Haworth diangkat Kepala Departemen Kimia di kampus. Saat di North East of England  ia menikah dengan Violet Chilton Dobbie.

Pada tahun 1925 ia diangkat menjadi Profesor Kimia di University of Birmingham (posisi yang dipegangnya sampai tahun 1948). Di antara kontribusi abadi untuk ilmu pengetahuan adalah konfirmasi dari sejumlah struktur gula optik aktif: dengan 1928, ia menyimpulkan dan menegaskan, antara lain, struktur maltosa, selobiosa, laktosa, gentiobiose, melibiose, gentianose, rafinosa, serta struktur glukosida tautomerik cincin gula aldosa.

Pada tahun 1933, bekerja sama dengan Asisten Direktur Riset (kemudian Sir) Edmund Hirst dan tim yang dipimpin oleh mahasiswa pasca-doktoral Maurice Stacey (yang pada tahun 1956 naik menjadi sama Mason Ketua), setelah menyimpulkan struktur yang benar dan optik-isomer sifat vitamin C, Haworth melaporkan synthesisis vitamin. Haworth telah memberikan sampel referensi awal tentang " vitamin C larut dalam air" atau "acid hexuronic" (nama sebelumnya untuk senyawa seperti diekstraksi dari produk alami) oleh ahli fisiologi Hungaria Albert Szent-György, yang codiscovered sifat vitamin bersama dengan Charles Glen Raja, dan baru-baru ini menemukan bahwa itu bisa diambil dalam jumlah besar dari paprika Hungaria. Untuk menghormati sifat antiscorbutic kompleks tersebut, Haworth dan Szent-Gyorgyi sekarang mengusulkan nama baru "a-scorbic acid" untuk molekul, dengan asam L-askorbat sebagai nama kimia formal.


Meninggal dunia

Sir Walter Norman Haworth meninggal pada 19 Maret 1950 di Barnt Green, Worcestershire, Inggris. (Sumber: en.wikipedia.org)
Sumber https://blogpenemu.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak