Posisi Out Field (Penjaga Lapangan Luar) Permainan Softball

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Pemain out field adalah bagian yang penting dalam pertahanan permainan softball. Pemain out field menjaga menjaga batas dekat garis batas lapangan dengan daerah lapangan yang luas. Tanggung jawab dan aspek-aspek yang harus dikuasai oleh pemain outfielder antara lain sebagai berikut:

a. Posisi Pemain Softball di Daerah Outfield

Posisi Pemain di daerah outfielder antara lain terdiri dari:

  1. Left fielder (pemin lapangan sebelah kiri), daerah yang harus dikuasai adalah batas ke tiga sampai mendekati base kedua.
  2. Center Fielder (Pemain Lapangan Tengah), Daerah yang harus dikuasai adalah bagian tengah dari garis batas tengah outfield.
  3. Rigtfielder (Pemain Lapangan Sebelah Kanan), Daerah yang harus dikuasai adalah dari garis batas base pertama sampai base dua.

b. Posisi Siap Outfield

Pada saat pemain mengetahui posisi dimana ditempatkan, maka pemain perlu mempelajari bagaimana menjaga bola yang dipukul kea rah outfield. Posisi siap pemain outfield harus sama siap dengan pemain infield. Perbedaanya adalah pemain outfielder hanya sedikit membengkokkan kaki dari infielder.

c. Pedoman Menangkap Bola Lambung

Pengaruh sinar matahari yang menyilaukan  akan menambah kesulitan penjaga untuk untuk menangkap bola lambung. Namun demikian cahaya dapat dihalangi dengan glove. Namun usaha tersebut jangan sampai menghalangi pandangan mata kea rah bola.

Untuk menangkap bola lambung harus menggunakan kedua tangan. Hal ini untuk:

  1. Memudahkan menangkap sehingga dapat menguasai bola dengn baik
  2. Untuk lebih cepat mengambil bola dari dalam glove. Kemudian dilemparkan ke tempat lain.

Cara menangkap bola lambung oleh pemain outfield adalah sebgai berikut:

  1. Cara yang bai diatur sedemikian rupa, sambil berlari tangan berada di depan untuk membentuk seperti keranjang menengadah.
  2. Letakkan glove kira-kira pergelangan lebih tinggi, sambil berlari tangan membentuk lingkaran seperti tangan menengadah.
  3. Untuk keberhasilan agar bola berada dalam glove. Tunjukkan kepada pemain dengan menari kedua tangan kea rah badan

d. Menjaga bola gulir di Outfield

Outfield adalah daerah yang luas untuk di jaga. Kadang-kadang pihak lawan menghasilkan bola yang tidak menyambung dan hanya merupakan bola gulir.  Oleh sebab itu pemain outfield mampu melempar bola dengan cepat dan tepat di infield, dapat mematikan beberapa base. Cara yang terbaik untuk memblok . Menjaga bola bergulir dan nmelempar pada outfield  dilakukan dengan memblok posisi.

Cara memblok posisi dapat dilakukan antara lain sebagai berikut:

  1. Melatih Cara Bergerak Kea rah Bola
  2. Melipatkan lutut dan meletakkan glove di samping kaki
  3. Meletakkan glove diantara kedua kaki.
  4. Melemparkan Bola Ke Infield

Untuk melempar bola dari outfield ke infield dapat dilakukan dengan lemparan atas. Apabila dilakukan dengan lemparan samping akan terjadi lengkungan.  Dan kemungkinan hasil lemparan tidak tepat dan mudah ditangkap.  Jika dilakukan dengan lemparan atas bola akan berjalan lurus dan kemungkinan akan lebih tepat pada sasaran.  Lemparan bola dengan menggunakan lemparan atas. Bola akan berjalan lurus dan dengan lintasan lebih pendek.

e. Hubungan Antar Pemain Di Outfield.

Pemain outfield perlu memiliki kerja sama dan saling member tahu baik dengan kata-kata maupun dengan isyarat yang dimengerti oleh teman seregunya.

f. Posisi Membantu Penjaga Belakang

Setiap pemain harus mengetahui posisi saat menjaga belakang pemain lain. Bergeraklah kira-kira enam meter ke belakang pemain yang akan dibantu, segaris dengan arah datangnya bola. Tugas-tugas pemain outfield dalam membantu menjaga belakang pemain infield adalah sebagai berikut:

  1. Righ t fielder bertanggung jawab membantu menjaga belakang first baseman pada base kedua
  2. Centre fielder bertanggung jawab membantu menjaga belakang scond baseman  dari Shortstop.
  3. Left fielder bertanggung jawab membantu menjaga belakang third baseman



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak