8 Tips Mengembangkan Kesehatan Jantung

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Jantung merupakan barometer tingkat kebugaran seseorang. Tingkat kesehatan jantung seseorang sangat mempengaruhi kesehatan organ tubuh yang lain. Karena jantung adalah yang memompa darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Darah mengalir ke seluruh tubuh sambil membawa semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika jantung bekerja dengan baik memompa darah dengan lancar, maka sehat juga seluruh tubuh karena nutrisi yang diperlukan dapat terpenuhi. Namun jika jantung tidak dapat memompa darah dengan sempurna maka aliran darah ke seluruh tubuh akan terganggu dan akibatnya tubuh menjadi tidak sehat.

Ada banyak cara untuk menjaga dan mengembangkan kesehatan jantung, diantaranya melalui makanan, Minuman, Olahraga, dan pikiran atau kondisi mental seseorang. Berikut ini hal-hal yang dapat anda lakukan dalam rangka mengembangkan jantung sehat:

1. Olahraga Secara Teratur

Beberapa jenis olahraga yang dapat anda pilih untuk latihan jantung sehat adalah;

- Jalan sehat

Jalan sehat adalah berjalan dengan intensitas olahraga. Tidak terlalu lambat, juga tidak terlalu cepat. Kecepatan sekitar 5 sampai 6 kilometer per jam. Olahraga Jalan sehat dapat dilakukan dengan mendengarkan music untuk menambah semangat berolahraga.

- Lari

Anda bisa melakukan lari jogging. Yaitu berlari dengan kecepatan sedang sambil sesekalimelakukan gerak badan dengan mengayunkan tangan ke atas- ke samping dan lain-lain. Olahraga lari cocok untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Tak hanya mengurangi risiko penyakit jantung, berlari juga bisa menurunkan risiko obesitas. Olahraga lari juga dapat diselingi dengan berjalan jika anda kecapekan berlari. Namun jangan terlalu lama berjalan, jika capeknya sudah hilang anda dapat melakukan lari lagi.

- Berenang

Kolam renang bisa digunakan untuk berolahraga dan membuat tubuh lebih sehat. berenang bisa meningkatkan detak jantung dan membantu menjaga jantung agar tetap sehat. Berolahraga di dalam air juga memperkuat otot serta membentuk tubuh Anda. Berenang sangat baik untuk latihan kebugaran jasmani. Jantung jadi lebih sehat dan peredaran darah lebih lancar.

- Bersepeda

Berepeda adalah olahraga yang sangat bagus untuk kesehatan jantung. Bersepeda dapat dilakukan pada hari minggu, juga dapat dilakukan sambil berangkat ke kantor jika memungkinkan. Selain menyehatkan jantung, bersepeda juga membantu Anda menguatkan otot bagian paha dan kaki, serta membantu Anda mengurangi lemak pada tubuh bagian bawah.

- Olahraga Interval

Olahraga interval sangat baik untuk kesehatan jantung dan kesehatan kardiovaskular. Olahraga interval adalah serangkaian latihan fisik yang diulang-ulang dan diselingi dengan waktu istirahat. Cantoh olahraga interval adalah berlari selama 3 menit, strength training selama tiga menit, dan atau olahraga yang lainnya. Olahraga ini tak hanya membantu menyehatkan jantung tetapi juga membuat Anda membakar lebih banyak lemak. Jantung sehat, tubuh pun menjadi lebih langsing seperti biola.

2. Berjemur

Sinar matahari mengandung vitamin D yang dapat meminimalisasi pembentukan plak di pembuluh darah. Penelitian di Universitas California menunjukkan, wanita dengan tingkat vitamin D tinggi memiliki risiko terkena penyakit jantung 31 persen lebih rendah. Berjemur sebaiknya pada pagi hari sebelum pukul 9.00 selama 20-30 menit.

3. Konsumsi cokelat

Makanan yang satu ini seringkali dihindari karena dianggap dapat mengakibatkan kegemukan. Namun coklat juga mengandung manfaat untuk kesehatan jantung. Chocolate mengandung flavonoid dan magnesium yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, ada pula kandungan asam stearat yaitu salah satu lemak yang ramah untuk jantung serta antioksidan yang dapat menghalangi radikal bebas merusak dinding arteri. Pastikan cokelat yang Anda konsumsi mengandung 70 persen cocoa untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Konsumsi makanan laut

Makanan laut (seafood) dapat menjadi pelumasbagi jantung Anda karena mengandung asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan risiko aritmia jantung, kadar kolesterol jahat, tekanan darah tinggi dan penggumpalan darah.

5. Berhenti merokok

Perokok mempunyai resiko penyakit jantung, karena zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok dapat memicu atau meracuni tubuh. Rokok dapat mengakibatkan peradangan terutama pada tenggorokan. Rokok juga dapat yang dapat menyebabkan meningkatnya kolesterol dalam jantung. Berita baiknya, setahun setelah Anda berhenti merokok, resiko terkena penyakit jantung menurun hingga 50 persen.

6. Berpikir Positif dan Murah senyum. 

Berpikir posisif dapat menurunkan hormon stres yang diketahui dapat merusak lapisan pelindung pembuluh darah. Saat Anda sedang stres, jantung menerima adrenalin dalam dosis lebih besar. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknormalan irama jantung dan bertambah lengketnya trombosit yang pada akhirnya mengakibatkan sempitnya arteri. Hormon yang dilepaskan saat seseorang depresi juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Karena itu, penderita depresi harus mendapatkan pengobatan sesegera mungkin.

7. Rajin Menggosok gigi 
Bakteri dapat memasuki pembuluh darah dari gusi yang tidak sehat. Hal ini dapat menyebabkan peradangan yang merusak lapisan arteri. Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari dan kunjungi dokter gigi Anda secara teratur.

8. Tidur cukup

Tidur sebaiknya 6 sampai 8 jam dalam sehari semalam Orang-orang yang tidur kurang dari lima jam semalam cenderung mengalami penumpukan mineral kalsium dalam pembuluh darah jantung yang suatu saat dapat pecah dan menimbulkan serangan jantung dan stroke.

Jantung adalah otot yang perlu dilatih secara teratur agar tetap dalam kondisi prima. Latihan olah raga seperti jalan cepat, renang, joging atau bersepeda dapat memberikan latihan terbaik buat jantung anda. Aktivitas itu juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Konsultasikan dengan dokter sebelum anda memulai melakukan olah raga. Anda juga dapat mengikuti sistem pengobatan tradisional Cina. Menurut pengobatan ini, olah raga kardio bukanlah satu-satunya cara meningkatkan kesehatan jantung. Gerakan lambat juga dapat menimbulkan efek yang sama. Saat tubuh Anda membentuk sebuah posisi dan merasa santai, Anda merangsang jaringan penghubung yang dilewati energi sehingga organ dapat berfungsi secara maksimal. 

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak