Cara Pengisian Jadwal Pelajaran Di Dapodik 2018

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > program aplikasi komputer.

Aplikasi Dapodik Versi 2018 mengalami perubahan yang cukup signifikan seperti penggunaan database versi baru serta pembaruan beberapa fitur dan juga penambahan fitur baru, validasi data, serta perbaikan beberapa bug versi sebelumnya. Juga ada penambahan menu baru yaitu Jadwal Pelajaran dan Ektra Kurikuler.

Pengisian jadwal pelajaran di Dapodik 2018 tidak sulit. Yang terpenting jadwal pembelajaran sudah dimapping/disusun sehingga tidak ada PTK yang bentrok jam mengajarnya. Bila ada PTK yang bentrok jam mengajarnya, maka di menu validasi akan terdeteksi tidak valid.

Untuk mengisi jadwal pelajaran, ada beberapa langkah yang harus ditempuh. Di bawah ini akan diuraikan langkah-langkah pengisian jadwal pelajaran di dapodik 2018 khususnya untuk sekolah dasar.
  1. Masuk ke aplikasi dapodik sekolah dengan user id dan password yang biasa digunakan
  2. Lakukan pengisian kelengkapan data dapodik terutama data guru dan rombongan belajar
  3. Untuk kelengkapan data guru, klik Menu GTK, Klik Guru. Jika data guru belum ada, klik penugasan untuk menyalin data guru dari arsip. 
  4. Selanjutnya lengkapi data pembelajaran dengan cara klik Menu Rombongan Belajar, Klik Reguler. Klik menu pembelajaran untuk mengisi pembelajaran setiap PTK di seluruh kelas.
  5. Setelah pembelajaran diisi lengkap, kini saatnya membuat jadwal pelajaran. Klik menu jadwal dan pilih rombel yang ingin dibuatkan jadwalnya dengan mengklik Pilih Prasarana.
  6. Akan muncul jendela jadwal pelajaran. Secara otomatis, pembuatan jadwal dimulai dari haris senin. Klik tambah untuk memulai membuat jadwal pelajaran. Akan muncul jendela isian. Kemudian pilih pembelajaran dengan mengklik panah kecil di sebelah kanan kolom. Pilih nama pembelajaran dan PTK sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Pada kolom alokasi, isi sesuai jam yang tertera di jadwal. Pada kolom dimulai jam, isi sesuai jadwal pelajaran yang telah disusun. Selanjutnya klik simpan.

  7. Untuk menambah pembelajaran berikutnya, lakukan lagi langkah ke 7 beberapa kali sesuai keperluan sampai semua pembelajaran di hari itu masuk ke jadwal.
  8. Jika hari senin selesai, klik hari selanjutnya. Lakukan pengisian jadwal pelajaran sampai hari sabtu. Jika telah selesai, klik menu validasi, klik rombongan pembelajaran dan jadwal untuk memastikan tidak ada ptk yang bentrok waktu mengajarnya.

Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel program aplikasi komputer.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak