Penting Untuk OPS, Inilah Cara Backup dan Restore Data Aplikasi PMP

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > program aplikasi komputer.

Penting Untuk OPS, Inilah Cara Backup dan Restore Data Aplikasi PMP - Backup data adalah upaya untuk mengamankan data dari resiko kerusakan dan kehilangan. Caranya, yaitu dengan menyimpan salinan data di tempat yang aman. Contoh, menyimpan data yang ada pada komputer atau laptop pada storage lain, misal disimpan pada HDD eksternal.

Begitu juga dengan data aplikasi PMP (Pemetaan Mutu Pendidikan), sangat penting untuk diamankan atau dibackup. Apalagi yang namanya aplikasi sangat rentan dengan resiko error atau rusak. Tentunya anda tidak ingin, hasil pekerjaan anda menginput kuisioner guru, kuisiner pengawas, kuisioner komite dan siswa hilang begitu saja karena terjadi kerusakan pada aplikasi PMP. Karena jika aplikasi PMP rusak dan harus instal ulang artinya semua data yang sudah dikerjakan juga hilang. Artinya anda harus mengulang pekerjaan dari awal.

Nah, untuk menghindari hal buruk tersebut, sangat penting bagi OPS untuk membackup data aplikasi PMP. Bagaimana caranya? Ikuti terus panduan ini sampai tuntas.

Cara Backup Data Aplikasi PMP

Silakan anda login pada aplikasi PMP, kemudian masuk atau klik menu Kirim Data, lihat screen shoot berikut. 


Menu kirim data adalah menu yang berfungsi untuk mengirim hasil pekerjaan anda di apliaksi PMP, yaitu mengirim kuisioner ke server PMP. Namun di sini juga ada dua tombol yang sangat penting yaitu tombol Backup Data dan Restore Data.

Untuk melaukan backup data silakan anda klik Backup Data, secara otomatis browser akan mendownload data dari aplikasi PMP dengan extensi PMP. Lihat screen shoot berikut :


Nah yang saya beri tanda kotak merah itulah file hasil backupan data PMP, file tersebut secara default akan masuk ke folder download yang ada pada drive C. Silakan amankan data tersebut, saya sarankan anda pindah file tersebut ke drive D agar lebih aman. 

Cara Restore Data Aplikasi PMP

Restore data adalah upaya untuk mengembalikan data dari data yang sudah dibakup. Aplikasi PMP juga memiliki fitur ini sehingga sangat bermanfaat. Jadi, kalau anda sudah membackup data dan dengan kondisi tertentu anda harus menginstal ulang aplikasi PMP, maka anda bisa merestore data dari data yang sudah anda backup.

Caranya, silakan anda klik tombol Restore Data, kemudian klik Pilih File.


Kemudian silakan anda cari dan klik dimana file backup data anda simpan, kemudian klik Open. Nah dengan cara itu maka semua data yang sudah anda backup akan kembali masuk pada aplikasi PMP. Dengan cara ini maka resiko kehilangan data menjadi tidak ada.

Demikian cara backup dan restore data aplikasi PMP yang saya share kali ini, semoga bermanfaat untuk pada operator sekolah di seluruh Indonesia. Jika ada pertanyaan seputar aplikasi dapodik dan dan PMP silakan komen saja, dan kalau ini bermanfaat silakan share ke teman-teman OPS di seluruh Indonesia.

Sumber http://mangwaskim.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel program aplikasi komputer.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak